Dinas Kearsipan Kabupaten Wonogiri menggelar Sosialisasi Penyusunan Rancangan Peraturan Bupati Tentang Jadwal Retensi Arsip (JRA) Substantif dan Evaluasi Implementasi SiManis Tahun 2021 dilaksanakan secara luring, Selasa (9/3) dengan memperhatikan prosedur protokol kesehatan. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Wonogiri, Kepala Bappeda dan Litbang serta Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Wonogiri serta diikuti oleh seluruh Dinas/Kantor/Badan Pemerintah Daerah Kabupaten Wonogiri .

Dalam laporannya, Plt. Dinas Kearsipan Kabupaten Wonogiri, Heri Rustiati, S.H., M.Hum menyampaikan tujuan kegiatan sosialisasi ini adalah agar seluruh OPD dapat melakukan penyusutan arsip sesuai dengan Jadwal Retensi Arsip sehingga sudah tidak ada lagi penumpukan dan kehilangan arsip. Dalam kegiatan ini, Plt. Dinas Kearsipan Kabupaten Wonogiri juga melaporkan terkait evaluasi implementasi SiManis tahun 2021 bahwa penggunaan SiManis sudah dimulai sejak tahun 2020 dan dalam perkembangannya Aplikasi SiManis sudah dapat diakses melalui Android, khususnya untuk disposisi surat. Dalam pelaksanaannya masing-masing OPD telah ditunjuk personil sebagai operator dan sudah mendapatkan pembekalan melalui bimbingan teknis.

Pada pembukaan acara, Sekretaris Daerah, Drs. Haryono, M.M memberikan sambutan serta pengarahan kepada seluruh OPD untuk memperhatikan rangkaian materi dalam sosialisasi serta dapat menerapkannya pada masing-masing OPD. Sekretaris Daerah juga mengapresiasi inovasi Dinas Kearsipan Kabupaten Wonogiri yang mengembangkan Aplikasi SiManis yang telah terintegrasi dengan e-office dan e-arsip serta pada Tahun 2021 akan mengembangkan TTE (Tanda Tangan Elektronik).
Kepala Dinas Kominfo, Heru Nur Iswantoro, S.Sos., M.M ikut serta memberikan arahan dalam sosialisasi ini, khusunya terhadap Pengintegrasian/Penerapan Tanda Tangan Elektronik (TTE) di Pemerintah Kabupaten Wonogiri. Selanjutnya Kepala Bappeda dan Litbang, Heru Utomo, S.H., M.H memberikan pengarahan terkait Transformasi Digital dan Satu Data Indonesia.

Pemaparan materi terkait Sosialisasi Penyusunan Rancangan Peraturan Bupati Tentang Jadwal Retensi Arsip (JRA) Substantif disampaikan oleh Dra. Endang Retna Triawati Widiastuti, MM dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Sesi diskusi dipandu oleh Plt. Dinas Kearsipan Kabupaten Wonogiri selaku moderator.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *